5 Cara Mudah Redakan Pilek dan Batuk

Biasanya sumber penyakit disebabkan udara dan perubahan suhu yang ekstrem. Bila ini terjadi penyakit yang mudah menjangkit sudah bisa ditebak, apalagi kao bukan pilek dan batuk. betul??.. Sebenarnya ada 5 cara mudah redakan pilek dan batuk. Sebelum anda memakai obat-obatan alangkah baiknya untuk mencpba lima cara ini terlebih dahulu. Kalau masih gejala penyakit mungkin belum terlambat untuk diatasi tanpa memakai obat dulu.

Umumnya pilek dan batuk menyebar melalui virus atau bakteri yang terbang di udara. Diperkirakan ada sekitar 200 jenis virus yang bisa menyebabkan kondisi ini. Orang dewasa akan mengalami pilek sekitar 2-5 kali dalam setahun, sedangkan anak-anak bisa 5-10 kali dalam setahun.

Berdarkan fakta di masyarakat bahwa hampir sebagian besar orang akan lebih rentan tertular batuk dan pilek ketika musim dingin, hal ini karena adanya penurunan suhu di sekitar serta kekebalan tubuh yang berkurang.

Meski begitu ada 5 cara atau tepatnya 5 langkah mudah yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk dan pilek yang dialaminya, 5 cara sederhana meredakan batuk dan pilek yaitu:

1. Mandi menggunakan air panas
Mandi dengan menggunakan air panas bisa membuat tuubuh menjadi tenang dan juga rileks, serta membantu meringankan lendir yang bertumpuk di dada sehingga bisa bernapas lebih mudah.

2. Mengonsumsi sup hangat
Mengonsumsi sup hangat yang terdiri dari ayam dan sayuran sangat bagus bagi tubuh. Sup hangat ini tidak hanya membantu membersihkan saluran udara tapi juga memberikan energi dan kekuatan yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Mengonsumsi satu sendok madu
Mengonsumsi madu yang murni dan alami bisa menjadi cara yang efektif untuk menyingkirkan batuk rejan, cukup konsumsi 1 sendok madu setiap hari.

4. Berkumur dengan air garam
Cobalah mengambil 1 sendok teh garam dan dicampur dengan air hangat, lalu gunakan campuran ini untuk berkumur setidkanya 4 kali dalam sehari.

5. Melakukan inhalasi uap
Inhalasi atau penguapan termasuk cara yang cukup efektif untuk menyembuhkan batuk dan sakit kepala yang terjadi karena adanya penumpukan lendir. Uap yang dihirup akan membantu mencairkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan dan lebih mudah bernapas.


Related Posts

5 Cara Mudah Redakan Pilek dan Batuk
4/ 5
Oleh