--> Skip to main content

Kolom iklan

Tiga Cara Alami dan Sederhana Lakukan Detoks

Detoksifikasi atau proses membersihkan tubuh dari racun ataupun radikal bebas cukup mahal biayanya. Detoks ini sangat penting bagi anda yang memiliki gaya hidup kurang sehat. Misalnya pesta dan makan atau minum yang berlebihan. Dibawah ini ada tiga cara alami dan sederhana lakukan detoks.Bagi anda yang peduli pada kesehatan di bawah ini ada tiga langkah sederhana untuk melakukan detoksifikasi secara sederhana dan mudah.

Kebanyakan orang saat berpesta mengonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah berlebih. Tak cuma masalah kuantitas, namun kualitas makanan dan minuman yang dimasukkan ke dalam tubuh pun sering kali menjadi tidak terkontrol, kala berbaur dalam kemeriahan pesta. Alhasil, sistem tubuh menjadi lebih keras bekerja untuk membuang zat-zat berbahaya dari dalam tubuh, di samping risiko pertambahan berat badan.

Detoks dapat menjadi alternatif solusi jika Anda ingin membantu kerja tubuh Anda usai berpesta. Rasanya sebanding untuk memanjakan tubuh setelah menggenjotnya beberapa waktu. Detoks tidak harus melibatkan puasa ketat. Detoks sebaiknya menjadi rutinitas yang menyenangkan bagi Anda, dengan cara mengadopsi gaya hidup dan diet sehat.

Berdasarkan panduan dari Dr Sarah Brewer, ahli gizi dan penulis “The Total Detox Plan” (Carlton Books), ini berarti Anda bisa memulai detoks dengan tiga langkah sederhana berikut:
  1. Mulailah secara rutin mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran mentah atau dikukus ringan, jus, dan sup. Untuk sumber protein, Anda bisa memperbanyak konsumsi kacang kedelai dan buncis. Sementara konsumsi karbohidrat dapat digantikan dengan biji-bijian, seperti gandum dan beras merah yang mengandung lebih banyak serat dan energi. Jika Anda ingin makan daging, pilihlah ikan atau ayam yang sedikit lemak dan dibuang kulitnya. Tambahkan minuman yogurt yang mengandung Lactobacillus casei (probiotik) untuk meningkatkan imunitas. Idealnya, buah, sayuran, dan daging harus organik dan segar.
  2. Seperti halnya memahami apa-apa yang harus Anda lakukan, penting pula untuk memahami apa-apa yang harus Anda batasi selama detoks. Batasi konsumsi kafein, garam, pemanis buatan, dan alkohol. Anda bisa memulai membatasi dengan cara bertahap sehingga tidak perlu merasakan dampak fisik maupun psikologis akibat membatasi secara ekstrem.
  3. Tambahkan suplemen bila perlu, seperti suplemen antioksidan, suplemen untuk mendukung fungsi hati, dan suplemen untuk mendukung fungsi pencernaan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.