--> Skip to main content

Kolom iklan

Penyebab Asam Urat Dan Pencegahan Asam Urat

Penyebab dan pencegahan asam urat
Ketika berkunjung ke beberapa relasi dan family ternyata banyak sekali orang tua-orang tua kita yang terkena penyakit asam urat. Umumnya penderita asam urat adalah penduduk perkotaan. Sebenarnya apakah penyebab asam urat dan bagaimana pencegahan asam urat? Informasi ini penting agar kita dapat terhindar dari penyakit asam urat di usia lanjut nantinya. Ternyata kuncinya ada pada pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Banyaknya godaan jenis makanan yang mudah ditemukan di kota dan juga dorongan untuk menyantap makanan siap saji memperbesar peluang kita terserang penyakit asam urat. Bagi anda yang ingin mengetahui bagai sebab asam urat dan proses terjadinya dapat menyimaknya  di bawah ini.

Proses Penyakit Asam Urat
Penyebab asam urat bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Sebenarnya tidak semua ngilu dan nyeri pada sendi bisa dikatakan sebagai asam urat, alasannya asam urat terbentuk menjadi kristal-kristal pada sendi yang disebabkan oleh metabolisme zat yang bernama purin. Zat ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi yang berasal dari zat hidup.

Jika jumlah zat purin di dalam tubuh berlebihan maka akan terbentuklah kristal yang terkumpul pada sekitar sendi sehingga menyebabkan rasa nyeri dan ngilu. Oleh karena itu bagi anda yang merasakan gejala asam urat alangkah baiknya mulai sekarang memperhatikan asupan makanan Anda. Beberapa makanan yang dapat meyebabkan banyaknya kandungan purin di dalam tubuh diantaranya adalah alkohol, ikan, telur, dan jeroan.

Penyebab Asam Urat
Penyebab utama pernyakit ini adalah terlalu banyak kadar purin yang masuk di dalam tubuh kita melebihi batas normal. Selain makanan, pengaruh obat-obatan kimia juga dapat memicu tingginya zat purin. Penyebab asam urat lainnya adalah obesitas dan pernyakit darah. Pernyakit ini lebih banyak menyerang pria ketimbang wanita, hal ini disebakan oleh hormon estrogen yang dimiliki wanita yang dapat membantu mengeluarkan zat purin berlebih di dalam tubuh. Namun penyebab asam urat yang paling mendasar adalah pola hidup tidak sehat

Sering mengkonsumsi sea food seperti cumi, udang, dan lobster merupakan salah satu penyebab utamanya. Namun juga ada faktor gen yang menyebabkan pernyakit ini, Prevalensi orang Moari di Australia memiliki prosentasi terserang pernyakit asam urat paling tinggi dibandingkan denga suku bangsa lain di dunia (yang ini bukan pengecualian bukan dari perkotaan).

Langkah Pencegahan Asam Urat
Sebagai langkah pencegahan kita bisa memulai dengan memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Dengan menghindari makanan penyebab asam urat setidaknya dapat mengurangi jumlah purin yang terdapat di dalam tubuh agar selalu dalam ambang batas normal.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.