Skip to main content

Kolom iklan

Khasiat Dan Manfaat Kayu Dewandaru Bagi Pengobatan, Tuah Dan Kesehatan

Setiap jenis tanaman dan tumbuhan banyak memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat yang berbeda-beda. Ada yang berkhasiat untuk kesehatan, pengobatan dan ada juga yang dipercaya tumbuhan atau pohon yang memiliki tuah dan khasiat gaib. Misalnya saja pohon dewandaru. Khasiat dan manfaat kayu Dewandaru bagi pengobatan, tuah dan kesehatan banyak diyakini masyarakat dan masih dilakukan sampai saat ini. Sebenarnya apa sih Kayu atau pohon dewandaru ini dan secara ilmiah, kesehatan dan secara spiritual apa saja faedah dan manfaatnya sehingga begitu dipercaya orang akan keampuhan dan khasiat ajaibnya.

khasiat dan manfaat kayu pohon dewandaru untuk tuah dan pengobatan

Apa itu Pohon Dan Kayu Dewandaru?

Secara ilmiah Pohon Dewandaru termasuk kepada Kerajaan: Plantae. Divisi: Spermatophyta. Subdivisi: Angiospermae. Famili: Myrtaceae. Genus: Eugenia. Spesies: Eugenia uniflora. Tapi secara non ilmiah Pohon Dewandaru memiliki sejarah yang unik dan menarik untuk disimak.

Lokasi Pohon Dewandaru Di Indonesia

Diketahui bahwa ada 2 macam kayu Dewandaru, yang dipercaya asli tumbuh didesa Nyamplung, konon katanya pohon ini jelmaan dari tongkat yang ditinggalkan Sunan Kudus, seorang wali Kerajaan Demak. Sedangkan Pohon atau Kayu Dewandaru dari Gunung Kawi, walau beda jenis dengan yang ada di Karimunjawa tetapi dipercaya berkhasiat sama. Di Sebelah Utara Karimun Jawa Kayu ini dikenal juga dengan nama Kayu Nagasari.

Mitos Tuah Dan Khasiat Kayu Dewandaru

Kayu dewandaru termasuk kayu yang langka dan banyak ditemukan di pulau Karimunjawa sebelah utara Jepara, diyakini memiliki tuah menolak hewan buas dan ular, menyembuhkan gigitan ular berbisa dan menjaga keselamatan. Namun konon kayu ini kurang baik dibawa dalam perjalanan berperahu karena sifatnya mendatangkan angin taufan. Menurut mitos pula diyakini bahwa pohon kayu Dewadaru tidak dapat dibawa keluar dari pulau tersebut.

Kayu Dewandaru juga diipercaya memiliki khasiat khusus sebagai pengasihan, menambah kharisma, dan pengusir gangguan gaib. Tapi ada sedikit keyakinan untuk di daerah Blora, banyak yg bilang khasiatnya buat pengobatan namun buat pohon yg masih berdiri dipercaya bisa mengundang makhluk halus untuk berdiam dipohon tersebut sehingga kalau ada disekitaran rumah bisa buat penunggu rumah. Uniknya lagi dinas pertanian blora beberapa waktu lalu membagi/menjual bibit pohon dewandaru ke kelompok tani dikarenakan harga dari daun/bagian laun pohon ini bernilai sangat tinggi yg nantinya dipergunakan untuk racikan obat. Hal menarik lainnya selain kayu dewandaru adalah dari manfaat dan khasiat Kayu Ular yang cukup menarik untuk pembaca simak dan diketahui.

Kayu Dewandaru Menurut Mitos Filosofi Jawa

Pohon dewandaru dalam terminologi jawa dapat diartikan sebagai kayu ‘Pembawa Wahyu Dewa’. Kata dewandaru banyak dijumpai dalam kisah pewayangan maupun dalam khasanah bahasa Jawa Kuno maupun sansakerta. Karenanya tidak mengherankan jika kemudian pohon bernama dewandaru ini kemudian sarat dengan mitos.

Mitos, Khasiat, dan Pemanfaatan. Terutama pada masyarakat jawa, keberadaan pohon dewandaru sarat dengan mitos. Mulai dari mitos soal asal-usulnya hingga berbagai khasiat magis sebagai kayu sakti dan bertuah. Karenanya, kayu dewandaru kerap kali dimanfaatkan untuk membuat aksesoris semisal tasbih, gelang, akik (batu cincin), dan kalung. Beberapa mitos terkait pohon dan kayu dewandaru diantaranya adalah :
  • Kayu (batang) dewandaru (Eugenia uniflora) yang kerap dipercaya sebagai kayu sakti dan bertuah.
  • Pohon dewandaru di tanam oleh Sunan Nyamplungan, putra Sunan Muria, setelah mendapatkannya dari Cina.
  • Seorang bernama dewandaru yang menjadi rebutan antara Kurawa dan Pandawa lantaran dipercaya menjadi kunci untuk menguasai dunia. Agar tidak dapat diperebutkan, orang ini berubah menjadi pohon.
  • Aroma kayu dewandaru sebagai sarana pencapaian kesempurnaan dalam ilmu kanuragan.
  • Dipercaya memiliki khasiat sebagai pengasihan, menambah kharisma, dan pengusir gangguan gaib.

Manfaat Dan Khasiat Kayu Dewandaru Untuk Kesehatan

Di balik khasiat mistis yang dipercayai oleh sebagian masyarakat, pohon dewandaru ternyata memiliki berbagai manfaat yang teruji secara klinis. Buah dewandaru selain mengandung air juga mengandung protein, karbohidrat, dan vitamin C. Kulit kayunya mengandung tanin. Sedangkan daunnya banyak mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoid.

khasiat dan manfaat kayu pohon dewandaru untuk kesehatan
Pohon Dewandaru dalam Tabulampot
Dengan berbagai kandungan yang dipunyainya, dewandaru (Eugenia uniflora) dapat dimanfaatkan sebagai peningkat kualitas astringent, mengurangi tekanan darah tinggi, penurun kolestrol, penurun metabolisme lipid, dan antioksidan.

Bagian pohon Dewandaru yang banyak digunakan untuk pengobatan adalah bunga, daun dan bijinya. dari hasil penelitian, isi tanaman tersebut banyak lemak, protein, pati, asam palmitat, asam stearat, asam linolead, zat pahit, tanin dan minyak atsiri. dari zat2 yang dikandung tanaman ini, maka dewadaru dapat digunakan untuk mengobati diare, disentri, karena mengandung tanin dan zat pahit. Disamping itu digunakan juga untuk ekspectoran dengan sifat aromatiknya, serta sebagian haemostatic dll.


bunga dari Dewadaru di gunakan juga sebagai obat lokal, obat kudis dan sebagai kosmetik. Pengobatan tradisional Hindu menggunakan bunga kering Dewadaru di jadikan dalam bentuk decoc untuk penggunaan secara internal sedangkan minyaknya untuk aplikasi pengobatan eksternal

Demikian ulasan mengenai mitos, manfaat dan khasiat dari pohon dan kayu Dewandaru yang bisa penulis kumpulkan dari beberapa sumber dan semoga tulisan inii bisa memberikan manfaat bagi sahabat pembaca.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.